Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Varises? Ini Dia Jawabannya

Uncategorized

Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengenal dengan istilah varises. Perlu kalian ketahui, bahwa varises ini merupakan sebuah kondisi dimana pembuluh darah telah membengkak. Pembuluh darah vena yang membengkak tersebut dapat menyebabkan timbulnya urat-urat berwarna kebiruan maupun keunguan, yang menonjol dengan jelas di permukaan kulit. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, hal itu dikarenakan oleh darah yang seharusnya dialirkan ke jantung, malah kembali mengalir ke area kaki. 

Dengan kata lain, varises ini terjadi karena katup vena yang berperan sebagai pengangkut darah ke jantung tidak berfungsi dengan maksimal. Hasilnya, aliran darah balik ke jantung pun terganggu sehingga darah bisa mengumpul di pembuluh vena, serta akan ada peningkatan tekanan pembuluh darah vena. Apabila tidak segera ditangani, maka akan terjadi kebocoran ke pergelangan kaki yang menyebabkan pembengkakan lebih parah. Bahkan, kondisi tersebut akan disertai dengan kaki berdenyut atau kram saat malam hari tiba. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

Menurut informasi yang di dapat, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab dari munculnya varises seperti faktor gen (keturunan), usia, jenis kelamin (wanita lebih sering mengalaminya), kehamilan, berat badan yang berlebihan, malas bergerak, hingga cedera pada kaki. Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan varises? Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung paparan di bawah ini :

  1. Operasi Laser

Jika ukuran varises yang anda derita belum terlalu besar, maka operasi laser ini sangat direkomendasikan. Soalnya, dengan cara operasi laser ini tidak harus memotong vena sehingga resiko cederannya dapat di minimalisir. Selain itu, operasi laser ini juga tidak harus menyuntikkan bahan kimia ke dalam tubuh. Dengan kata lain, anda hanya membutuhkan cahaya dengan kekuatan tertentu sehingga ukuran varisesnya akan mengecil.

  1. Mikroskleroterapi

Bukan hanya melalui operasi laser, mikroskleroterapi ini pun sangat ideal untuk ukuran varises yang kecil dan sedang. Melalui metode mikroskleroterapi ini, maka anda akan disuntik dengan jarum yang sangat tipis ke bagian vena, karena dimemasukan cairan kimia dalam dosis kecil. Cairan kimia tersebut bisa memunculkan jaringan parut pada pemburuh darah, sehingga bisa menutup varises. Cara pengobatan dengan metode Mikroskleroterapi akan dilakukan beberapa kali, sampai mencapai hasil yang optimal. 

  1. Terapi Ablasi Vena

Jika dilihat dari cara kerjanya, metode ini sangat mirip dengan operasi laser yang menggunakan sinar laser atau gelombang radio untuk menciptakan hawa panas, yang nantinya dapat memberantas varises. Sebelum dilakukan pengobatan, biasanya anda akan diberi suntik bius terlebih dulu. Jika anda sudah dibius, maka dokter akan membuat sayatan kecil di area verises untuk memasukkan tabung kecil ke dalam vena. Selanjutnya perangkat panas akan disambungkan dengan tabung kecil tadi, yang hasilnya dapat membuat bagian dalam dari pembuluh darah menjadi panas dan menutup varises. 

  1. Mengelupaskan Vena

Apabila varisesnya sudah sampai pada kategori parah, maka akan dilakukan metode pengelupasan vena. Proses tersebut akan dilakukan melalui luka kecil yang di buat dikulit, dimana sebelumnya anda harus di suntik bius terlebih dahulu. Menurut informasi yang di dapat, waktu penyembuhan pada metode ini sekitar 1 – 4 minggu. 

Itulah beberapa cara menghilangkan varises yang direkomendasikan bagi anda. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk pencegahan terjadinya varises seperti Jangan berdiri atau duduk terlalu lama, Selalu menjaga berat badan ideal, Berolahraga secara rutin dan teratur, dan Jangan menggunakan sepatu high heels (sepatu hak tinggi).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *