Hal yang Perlu Diperhatikan pada Saat Jual Motor

Tips

Kebutuhan motor saat ini sangatlah diperlukan, dikarenakan penggunaan alat transportasi roda dua ini sangatlah praktis dan efisien dikendarai di jalan raya terutama untuk menembus kemacetan. Namun, bagi Anda yang ingin menjual motor harus memerhatikan beberapa hal. Berikut hal yang perlu diperhatikan pada saat jual motor.

  1. Menjual Langsung Tanpa Perantara

Anda yang akan menjual motor milikinya dapat saja menjual motor tersebut menggunakan pihak ketiga, namun alangkah baiknya bila Anda menjual motor tersebut tanpa melalui perantara atau pihak ketiga. Hal tersebut dengan maksud agar dapaat mengehemat dana sendiri untuk komisi makelar yang telah mencarikannya pembeli.

Walaupun, proses yang dilakukan untuk menjual motor tersebut menjadi lebih cepat, namun keuntungan yang disisihkan untuk membayar makelar tersebut juga dapat dikatakan lumayan. Maka dari itu Anda sangat disarankan untuk menjual motor yang dimiliki langsung kepada pembeli tanpa melibatkan pihak ketiga atau perantara.

  1. Persiapkan Dokumen

Menjual motor tentu yang paling utama adalah dokumen dari motor tersebut apakah lengkap ataukah tidak. Kelengkapan dari dokumen tersebut tentunya dapat menjadi syarat utama dalam menjual motor untuk mendapatkan harga yang layak.

Walaupun spesifikasi yang dimiliki oleh motor tersebut sudah sesuai dengan standarnya dan juga mulus, namun bila tidak terdapat dokumen yang melengkapinya tak akan dapat mendongkrak harga dari motor tersebut begitu saja. Sebagai contoh, bila motor yang akan Anda jual tidak ada STNK dikarenakan hilang.

Anda dengan sangat terpaksa harus menurunkan harga yang lebih rendah dari motor tersebut sebagai sebuah kompensasi pada pembeli yang akan mengurus kehilangan tersebut. Bila Anda ingin memakai harga yang berada di pasaran, maka Anda harus segera membereskan masalah tersebut sebelum motor yang akan dijual berpindah tangan kepada pembeli.

Anda juga harus mempersiapkan STNK dari sepeda motor tersebut yang masih berlaku minimal 3 bulan. Hal tersebut dilakukan agar calon pembeli yang akan membeli motor tersebut dapat memiliki persiapan waktu untuk mengumpulkan uang yang nantinya digunakan untuk membalik nama kepemilikan motor tersebut.

  1. Memerhatikan Badan Motor

Harga jual motorĀ akan tetap tinggi jika badan dari motor tersebut masih dalam keadaan terawat atau mulus dan tidak disertai dengan adanya goresan. Selain itu keadaan lain yang juga harus diperhatikan adalah dari segi warna yang cerah dan tidak terjadi kerusakan dari badan motor tersebut.

Hal tersbeut dikarenakan jika pembeli ingin menjual kembali motor tersebut, maka pihak pembeli tak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya yang digunakan untuk perbaikan motor tersebut.Motor yang memiliki badan rusak biasanya hanya akan berharga Rp1.000.000,00 hingga Rp1.500.000,00 atau lebih murah bila dibandingkan dengan motor yang masih mulus.

  1. Perawatan yang Rutin

Perawatan yang dilakukan pada sepeda motor hendaknya dilakukan secara rutin agar dapat terjaga kualitasnya sehingga pembeli akan membeli motor tersebut bila dijual. Hal tersebut akan lain cerita bila Anda merupakan seorang pedagang atau perantara dari rekan atau keluarga yang diminta untuk menjualkan motornya.

Dalam kedaan tersebut tentunya Anda harus melakukan perawatan dan juga pemeriksaan unit secara menyeluruh pada setiap sepeda motor yang akan dijualnya. Kondisi dari sepeda motor yang rapi serta tidak adanya kerusakan akan dapat menjaga harga jual dari sepeda motor tersebut, setidaknya dapat mencegah agar harga jual yang dimilikinya tidak terjun bebas.

Itulah hal yang perlu diperhatikan bagi Anda bila akan jual motorĀ yang dimiliki kepada pembeli. Hal tersebut bila diperhatikan dengan baik akan membuat harga yang dimiliki oleh motor tersebut dapat terjaga. Selain itu juga dapat membuat pembeli dengan cepat membuat keputusan membeli motor tersebut atau laku lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *