Kelebihan Kijang Kapsul dan Cara Bayar Pajak Mobil Online

Tips

Kijang KapsulMengingat pada masa lalu (bernostalgia) dengan mobil yang satu ini, mobil kijang kapsul. Salah satu jenis mobil kijang yang dikeluarkan oleh merk toyota ini, akhir-akhir ini sering diperbincangkan oleh para pecintanya. Mobil yang mempunyai keklasikan pada bentuk tubuhnya dan keawetan pada mesinnya ini, dapat memikat para penggemarnya untuk segera meminangnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mobil kijang kapsul tersedia dua mesin pilihan. Mesin bensin yang memakai mesin berkode 7K yang sama seperti generasi kijang sebelumnya, merin ini memiliki ukuran yang dapat memuat kapasitas 1800 cc atau 4 silinder. Sedangkan yang memakai varian mesin diesel dengan pemakaian mesin 2L yang berukuran dengan kapasitas 2400 cc atau 4 silinder, mesin diesel ni merupakan mesin yang sama seperti yang digunakan pada mobil Toyota HiAce namun tanpa menggunakan turbo. 

Dengan pemasaran mobil yang sangat signifikan maka merk toyo ikut andil dalam meramaikan persaingan pasar, Toyota pun akhirnya ikut meluncurkan MPV bermesin diesel. Untuk tahun produksi pada tahun 1997-1999, mesin bensin masih menggunakan karburator. Di tahun 2000 mesin bensin tersebut akhirnya disempurnakan dengan sistem Electronic Fuel Injection (EFI). Setelah lahir mesin EFI, TAM juga merilis dua pilihan mesin bensin EFI, yakni 7K-E dan 1RZ-E .

Harga kijang kapsul pun sangat beragam mulai dari harga 50 juta – 100 juta, sesuai dengan jenis dan mesin yang ada pada mobil kijang kapsul tersebut. Mobil kijang kapsul juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

  • Kelebihan Mobil Kijang Kapsul

Seperti diketahui bersama, bahwasannya mobil kijang kapsul ini harga jual yang yang cenderung stabil, selain itu mobil kijang kapsul ini memiliki perawatan yang mudah. Sehingga tak perlu banyak mengeluarkan banyak biaya dalam segi perawatannya. Mobil kijang kapsul ini sangat cocok untuk digunakan bepergian bersama keluarga, teman, ataupun rekan kerja. Baik digunakan untuk perjalanan yang cukup lama maupun sebentar. Mobil yang mempunyai desain sangat menarik dan klasik ini, terasa semakin dicintai bagi para penggemarnya. 

  • Kekurangan Mobil Kijang Kapsul

Meskipun kita tahu bahwa mobil kijang kapsul ini memiliki banyak sekali kelebihan, namun tidak dapat dihindarkan bahwa mobil kijang kapsul ini juga memiliki kekurangan. Karna pada dasarnya bahwa setiap kelebihan ada kekurangan begitupun sebaliknya. Mobil kijang kapsul ini konsumsi bahan bakar secara boros, bahkan dikarenakan mobil kijang kapsul ini memiliki fasilitas AC double blower, saat menyalakan AC double blower tentunya menjadi sangat boros bahan bakar. Pada mesin mobil kijang kapsul juga sering meraung-raung tidak jelas, bahkan suara mesinnya mengganggu pengemudi saat berkendara dan menimbulkan ketidaknyamanan saat melakukan perjalanan.

Malas Antri Saat Bayar Pajak? Inilah Cara Bayar Pajak Mobil secara Online, Gampang dan Anti Ribet!

Cara Bayar Pajak Mobil Online –  Pajak adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh rakyat kepada negara demi kepentingan bersama. Menurut peraturan perundang-undangan, pajak wajib dibayarkan kepada pemerintah dan bersifat memaksa. Salah satu pajak yang wajib dibayarkan adalah pajak kendaraan.

Dulu, membayar pajak kendaraan haruslah ke kantor Samsat dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengantri. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, membayar pajak kendaraan bisa dilakukan melalui aplikasi di ponsel masing-masing.

Aplikasi yang diberi nama E-Samsat atau Samsat Online Nasional dapat diunduh secara gratis melalui Playstore. Dengan adanya E-Samsat ini tentu akan mempermudah siapapun yang ingin membayar pajak tanpa takut ribet dan antri.

Lalu, bagaimanakah cara membayar pajak mobil secara online melalui aplikasi E-Samsat ini? Yuk simak tutorial berikut.

Untuk wilayah DKI Jakarta, pembayaran pajak melalui E-Samsat dapat dilakukan melalui 4 ATM, yaitu Bank DKI, Bank Bukopin, ATM BNI dan Bank BTN. Langkah-langkah pembayarannya sebagai berikut :

Saat akan melakukan pembayaran melalui ATM, klik menu pembayaran PKB atau STNK.

Setelah itu pilih e-Samsat.

Masukkan nomor polisi pada kendaraan Anda.

Masukkan juga huruf yang ada pada plat mobil Anda. Jangan lupa konversikan huruf ke dalam angka, A=1, B=2, C=3, D=4 dan seterusnya.

Tunggu hingga muncul nama dan nominal yang harus Anda bayar. Setelah muncul nominal yang harus Anda bayar, segera lakukan proses pembayaran.

Simpan struk bukti pembayaran pajak Anda.

Kunjungi kantor kecamatan atau kantor samsat untuk meminta cap pengesahan sebagai tanda bukti telah membayar pajak.

Sistem baru ini tentu sangat membantu dalam membayar wajib pajak kendaraan Anda. Terlebih untuk Anda yang tidak sedang berada di kota asal kendaraan itu. Dengan adanya e-Samsat membayar pajak bukan lagi hal yang sulit.

Sayangnya, sistem ini belum diterapkan di semua daerah. Hanya beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Aceh. Semoga sistem ini segera diterapkan di semua daerah agar semua orang tidak perlu repot lagi saat akan membayar pajak kendaraan mereka.

Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat membantu memudahkan Anda dalam membayar wajib pajak. Jangan lupa untuk bayar wajib pajak kendaraan Anda!. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *