Ketahui 4 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula

Tips

Mobil kini menjadi kebutuhan primer untuk bepergian serta menjalankan bisnis. Faktor transportasi umum yang masih jauh dari kata nyaman membuat orang-orang lebih memilih membeli kendaraan pribadi untuk kebutuhan sehari-hari. Sayangnya tidak semua orang dapat membeli mobil impian. Hal ini disebabkan harga mobil yang masih tergolong mahal bagi sebagian orang, sehingga mereka belum mampu membelinya.

Cara Membeli Mobil Bekas

Untuk memiliki mobil impian dapat Anda siasati dengan mencari dan membeli mobil bekas yang masih layak pakai. Kualitas mobil bekas dapat dipertanggungjawabkan dengan teliti dan tepat saat memilih mobil tersebut. Dengan ketelitian itu Anda bisa saja mendapatkan mobil yang bagus dan berkualitas. Dari hal ini, sayangnya tidak semua orang bisa teliti dalam memilih mobil bekas yang berkualitas. Nah, agar kamu mengetahui lebih dalam bagaimana cara membeli mobil bekas untuk pemula, yuk simak uraiannya di bawah ini.

  • Tempat Pembelian

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan saat membeli mobil bekas ialah memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Karena penjualan mobil bekas di Indonesia itu sangatlah banyak, sehingga Anda akan mendapat penawaran yang lebih banyak juga. Ketika membeli ke showroom pun harga yang ditawarkan pasti lebih mahal. Dalam hal ini, tempat pembelian mobil bekas yang paling aman ialah dari tangan pertama.

  • Eksterior Mobil

Setelah menemukan tempat pembelian mobil yang cocok, selanjutnya lakukan pengecekan. Bagian mobil yang biasanya Anda lihat pertama kali ialah eksterior mobil. Pada bagian eksterior Anda harus cek bagian bodinya. Perhatikan apakah terdapat goresan atau tidak, bagaimana kondisi catnya, apakah bodinya masih mulus atau tidak. Kemudian perhatikan bagian kaca, lampu, dan bagian kolong juga untuk memastikan kondisinya masih bagus.

  • Performa Mesin Mobil

Bagian paling penting yang harus Anda cek ialah performa mesin mobil bekas tersebut. Cara mengeceknya dengan hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang  masih nyala. Mesin yang masih bagus terdengar lebih halus. Kemudian mobil itu akan mudah di starter jika performa mesin masih bagus. Setelah menyalakan mesin cobalah test drive mobil tersebut. Coba untuk mengoper gigi untuk memastikan berjalan dengan lancar.

  • Aksesoris dan Interior

Setelah performa mesin mobil tersebut cocok dengan Anda, selanjutnya cek bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen yang perlu Anda cermati antara lain bagian dashboard, setel AC, karpet, jok, dan bagian langit-langit. Untuk memeriksa kenyamanan jok tentu Anda harus mendudukinya dan coba tarik ke belakang serta cek kualitas pelapisnya.

Demikianlah beberapa tips membeli mobil bekas untuk pemula. Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang kini tengah mencari mobil bekas. Jika dirasa belum ada mobil bekas yang cocok, sementara Anda bisa rental mobil Jakarta untuk kebutuhan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *