Mengulas Tentang Model Baju Kerja Berbahan Batik yang Sesuai untuk Wanita Karier

Lifestyle

Wanita memiliki banyak model busana di berbagai jenisnya termasuk busana kerja. Pada jenis pekerjaan tertentu ada pemakaian seragam untuk karyawan, namun di sebagian jenis pekerjaan lainnya, para pekerja harus menggunakan pakaian koleksi pribadi untuk bekerja. Karenanya kebutuhan akan pakaian formal terus ada untuk digunakan sebagai baju kerja. Karena penggunaannya yang bersifat formal, bahan pakaian yang sering digunakan salah satunya adalah kain tradisional batik. Jika Anda memiliki kain batik yang belum dijahit, tak ada salahnya untuk membuat sendiri model baju  kerja sesuai selera dan ukuran. Belum memiliki model busana kerja yang akan dibuat? Berikut ini adalah beberapa model yang bisa Anda gunakan untuk menjahit baju kerja wanita dari kain batik:

  • Kerah lebar.

Busana kerja dengan kerah lebar pada wanita menjadikannya lebih terlihat berkelas atau berpangkat. Umumnya penggunaan batik berkerah lebar ini dipadukan dengan lengan pendek sehingga lebih terlihat natural dan membaur. Lengannya dibuat longgar dengan tepian berwarna atau motif yang sama dengan motif pada kerah.

  • Potongan leher bundar.

Busana batik tanpa kerah juga hadir dengan manis melalui model leher bundar. Potongannya melengkung dengan salah satu sisi memiliki pita yang diteruskan ke bawah menjadi kancing untuk membuka pakaian. Karena pita berada di bagian samping atau pundak, maka kancing yang digunakan juga berada di bagian samping yang lurus dengan pita tersebut. Namun ada juga mode ini yang menggunakan kancing di bagian tengah atasan.

  • Kimono.

Busana batik formal ala busana tradisional Jepang juga bisa Anda gunakan sebagai busana kerja. Gunakan tali dibagian pinggang untuk mengikat busana agar pas ke badan. Satu kancing dibagian samping untuk merekatkan dengan hiasan dibagian pundak atas akan mempercantik model baju batik Anda.

  • Blazer atau jas.

Blazer atau jas juga bisa dibuat dari bahan kain batik. Ada banyak model untuk jas seperti model terbaru yang hanya menggunakannya sebagai penutup baju atasan dengan tali di bagian leher dan berlengan panjang. Selain jas, blazer juga sudah banyak digunakan sebagai busana kerja dari batik baik sebagai baju luar maupun atasan tunggal.

  • Model kutu baru.

Model kebaya kutu baru juga bisa dijadikan sebagai baju kerja dari bahan batik. Dengan model ini Anda para wanita akan terlihat lebih feminim, sopan namun resmi. Model ini banyak dipakai oleh mereka yang memiliki pekerjaan sebagai customer service atau teller bank.

Selain beberapa model di atas, Anda juga bisa membuat busana kerja batik dengan berbagai model lainnya. Anda bisa mengambil sumber inspirasi model dari majalah hingga situs belanja online yang juga banyak menjual busana batik untuk kebutuhan formal ataupun santai. Jika ingin mengambil contoh dari internet, agar lebih mudah mengaplikasikannya, cetaklah gambar tersebut kemudian sertakan ke jasa jahit yang Anda gunakan sambil membawa kain batik yang sesuai.

Untuk penggunaan model baju kerja, batik akan menjadi bahan pakaian yang sangat pas karena bisa menambah kesan formal dan santun terutama jika digunakan oleh wanita. Namun Anda juga harus memperhatikan pemilihan modelnya agar sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Model busana kerja wanita pun tak selamanya harus tampil feminim karena semua itu juga tergantung dari selera dan kebijakan perusahaan. Yang paling penting adalah menggunakan model busana yang nyaman sehingga Anda bisa menggunakannya dengan enak selama masa kerja dan menambah semangat ketika melakukan berbagai pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *